Asal-Usul Prokariotik

20 May 2013

Asal-Usul Prokariotik

Kehidupan dimuka bumi ini tidak muncul secara instan, namun dibentuk melalui proses evolusi yang sangat panjang. Secara garis besar terdapat dua tipe sel yaitu prokariot dan eukariot. Organisme prokariot dianggap organisme tertua di bumi ini karena strukturnya paling primitif.

Menurut para ahli evolusi, berjuta-juta tahun yang lalu terdapat monomer-monomer organik seperti air, gas hidrogen, gas amonia, gas metana yang bergabung menjadi polimer organik atau protenoid. Protenoid akan menjadi protobion, dimana protobion ini merupakan bahan dasar pembentuk sel purba atau disebut progenot. Semua makhluk hidup yang hidup saat ini merupakan hasil perkembangan sel purba ini. Progenot atau sel purba akan berkembang menjadi kelompok sel prokariotik purba seperti Archeabacteria.

Archeabacteria merupakan kelompok bakteri yang hidup pada kondisi ekstrim. Kelompok sel ini memiliki dinding sel dengan berbagai jenis protein, pigmen fotosintesis berupa bakteriorodopsin, dan mampu menghasilkan ATP sendiri.

Organisme prokariotik muncul dengan proses yang sangat panjang, dimulai dari molekul tak hidup yang berpolimer membentuk gabungan molekul yang sangat kompleks. Hal itu dapat terjadi, karena keadaan bumi pada saat itu berbeda dengan sekarang. Kadar gas oksigen masih minim, banyak petir, kadar karbon dioksida yang tinggi, aktivitas vulkanik, hantaman meteor, dan radiasi sinar UV yang sangat tinggi dibandingkan dengan keadaan bumi saat ini. Oleh karena itu, lingkungan pada kondisi dulu dapat memungkinkan terbentuknya kehidupan. Namun, masih banyak perdebatan mengenai asal-usul kehidupan di bumi.

Bagikan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More