Protein

26 May 2013

Protein

Protein adalah salah satu makro nutrien dalam tubuh makhluk hidup. Protein merupakan penyusun tubuh organisme terbesar setelah air. Protein tersusun dari rangkaian panjang monomer protein atau disebut asam amino dengan membentuk ikatan peptida.

Protein dibentuk oleh unsur-unsur seperti C, H, O, N dan terkadang juga terdapat unsur S dan P. Asam amino adalah monomer dari suatu protein. Asam amino terdiri atas satu gugus karboksil ( -COOH ), satu gugus amino (-NH2 ), satu atom H dan satu gugus radikal ( -R ). Asam amino dibentuk melalui proses sintesa protein didalam sel organisme. Ada 20 jenis asam amino yang dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu asam amino esensial dan asam amino nonesensial.
  • Asam amino esensial adalah asam amino yang sangat penting dan tidak dapat disintesis oleh tubuh makhluk hidup lain selain tumbuhan. Asam amino esensial meliputi triptofan, fenilalanin, leusin, isoleusin, treonin, metionin, valin, arginin, histidin.
  • Asam amino nonesensial adalah asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh. Asam amino nonesensial yaitu meliputi alanin, asparagin, asam aspartat, asam glutamat, glisin, glutamin, prolin, serin, sistein, sistin, dan tirosin.
Protein dapat kita peroleh dari hewan yang disebut protein hewani maupun dari tumbuhan yang disebut protein nabati. Sumber protein hewani antara lain ikan, daging, susu, telur, sedangkan sumber protein nabati antara lain padi-padian, kacang-kacangan, sayuran.

Rata-rata standar kecukupan protein sehari adalah 45 gram. Jika kekurangan protein dapat menyebabkan kwashiorkor. Tingkat kebutuhan protein dipengaruhi oleh bobot dan ukuran badan, umur, jenis kelamin, penyakit, satuan gizi makan, kondisi tubuh, sifat protein yang dimakan, masa kehamilan, menyusui, dan status emosional.

Bagikan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More