Lemak

14 July 2013

Lemak

Minyak adalah makromolekul yang sifatnya tidak larut dalam air. Lemak hanya dapat dilarutkan oleh zat pelarut organik atau yang memiliki sifat nonpolar seperti minyak tanah, kloroform, atau eter. Lemak disusun oleh gliserol dan tiga asam lemak.

Molekul dari lemak atau lipid tersusun atas unsur C, H, O, dan terkadang terdapat unsur N dan P. Lemak dibedakan menjadi dua golongan yaitu :
  • Asam lemak tidak jenuh adalah asam lemak yang mengandung ikatan rangkap. Contohnya adalah asam linoleat dan asam oleat.
  • Asam lemak jenuh adalah asam lemak yang tidak mengandung ikatan rangkap. Contohnya adalah asam stearat dan asam palmitat.
Lemak memiliki beberapa fungsi antara lain sumber energi, pembawa zat makanan esensial, penyedap makanan, penahan lapar, penyimpan cadangan makanan, pelarut vitamin larut lemak A, D, E, dan K, pelindung tubuh.
 
Lemak dapat diperoleh dari hewan atau sering kita sebut lemak hewani meliputi keju, minyak ikan, susu, ikan, daging. Sedangkan lemak yang diperoleh dari tumbuhan disebut lemak nabati meliputi kacang tanah, kedelai, kemiri, wijen, minyak kelapa, avokad.

Bagikan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More