Karbohidrat

26 May 2013

Karbohidrat

Karbohidrat adalah makro nutrien yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Karbohidrat tersusun oleh karbon, hidrogen dan oksigen dengan rumus umum CnH2nOn.

Molekul Karbohidrat disintesis pada organisme autotrof pada reaksi anabolisme karbohidrat dan dipecah menjadi CO2 dan H20 dalam proses katabolisme karbohidrat pada organisme heterotrof. Karbohirat memiliki fungsi utama bagi tubuh yaitu sebagai sumber energi. Selain itu karbohidrat juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai cadangan energi seperti glikogen pada hewan, dan juga berfungsi sebagai materi pembangun. Contohnya kitin pada serangga, selulosa pada kapas dan dinding sel, pektin dan hemiselulosa pada kayu, dan lain-lain.

Karbohidrat diklasifikasikan menjadi tiga yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Contoh karbohidrat monosakarida adalah glukosa, fruktosa, galaktosa. Lalu dua dari monosakarida akan bergabung dengan ikatan glikosidik menjadi disakarida seperti maltosa yang merupakan gabungan dari dua glukosa, laktosa yang merupakan gabungan dari glukosa dengan laktosa, sukrosa yang merupakan gabungan dari glukosa dengan fruktosa. Sedangkan polimer dari karbohidrat disebut polisakarida. Contohnya adalah pati, selulosa, glikogen, amilum dan lain-lain.

Bahan makanan yang tinggi akan karbohidrat banyak dijumpai disekitar kita antara lain nasi, tepung, pati, kentang, sagu, jagung, dan lain-lain.

Bagikan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More